kabel-prysmian-abba-logo

Gangguan yang Terjadi Pada Jaringan MAN

Gangguan – gangguan yang terjadi pada jaringan MAN, diantara nya :

  1. Collision
    Collison domain mendefinisikan sekumpulan perangkat jaringan dimana data frame mereka bisa bertabrakan. Semua piranti yang disebut di atas menggunakan hub yang beresiko collision antar frame yang dikirim, sehingga semua piranti dari jenis jaringan Ethernet ini berada pada collision domain yang sama.
    Solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA / CD yang bisa melambat adalah mangganti jaringan HUBnya dengan Switch LAN.
  2. Bottleneck
    Masalah yang ke 2 adalah bottleneck. Beban user yang sangat tinggi untuk mengakses jaringan akan menyebabkan bottleneck jaringan mengarah pada kelambatan jaringan. Aplikasi yang memakai bandwith yang sangat tinggi seperti aplikasi video dapat menyumbangkan suatu kelambatan jaringan yang sangat significant karena seringnya mengakibatkan system jaringan menjadi bottle neck. Diperlukan identifikasi aplikasi (khususnya aplikasi yang dengan beban tinggi) yang hanya diakses oleh satu dapartemen saja, dan letaknya server pada Switch yang sama dengan user yang mengaksesnya. Meletakan resource jaringan yang sering di akses pada tempat yang dekat dengan pemakainya akan memperbaiki kinerja dan performa jaringan dan juga respons time.
  3. Serangan Trojan Virus
    Diperlukan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi serangan trojan virus dan berbagai macam serangan jaringan lainnya. Software antivirus yang di install terpusar pada server anti-virus yang bisa mendistribusikan data signature secara otomatis kepada client setidaknya akan memberikan peringatan dini kepada clients. Dan jika ingin mendapatkan perlindungan yang sangat solid dan proaktif maka software keamanan jaringan corporate BitDefender adalah solusinya.
    Apa sih BitDefender?. BitDefender adalah corporate security adalah solusi manajemen dan keamanan bisnis yang sangat Tangguh dan mudah digunakan yang bisa memberikan perlindungan secara proaktif terhadap serangan viruses, spyware, rootkits, spam, phising, dan malware lainnya.
  4. Jaringan Komputer
    Untuk mendapatkan sebuah jaringan komputer yang bagus dan bekerja dengan baik, kita harus melakukan
    perawatan secara berkala. Perawatan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi perangkat pendukung jaringan dan kondisi jaringan. Mendiagnosa masalah yang sering terjadi pada sebuah jaringan dilakukan untuk mengetahui bagian-bagian jaringan yang kemungkinan mengalami kerusakan.
  5. Antena Grid
    Posisi antena vertikal atau horizontal berpengaruh pada bentuk atau pola dari penyebaran signal (propagation
    pattern) dari antena tersebut. Posisi vertikal menyebabkan polarisasi penyebaran signal atau gelombang yang
    dipancarkan menjadi lebih rapat atau sempit dengan daya jangkauan yang lebih jauh. Posisi horizontal
    menyebabkan polarisasi penyebaran signal atau gelombang yang dipancarkan menjadi lebih lebar dengan daya
    jangkauan yang lebih pendek dibandingkan dengan posisi vertikal.

Berikut penjelasan singkat tentang gangguan jaringan MAN ya, semoga bisa bermanfaat untuk sobat kabel semua. Kalian belum menemukan produk kabel yang sesuai kebutuhan mu? PT. Abba Global Indonesia sebagai authorized distributor Prysmian Cable siap menjadi solusi pertama untuk permasalahan kebutuhan kabel mu. Cek sosmed kita untuk selengkapnya :

Telp : 081212897158

Twitter : @ofc_abba

By |2023-02-28T09:04:29+07:00Februari 28th, 2023|News, Uncategorized|

Share This Post With Others!

Go to Top