kabel-prysmian-abba-logo

Jenis Jenis Fitting Lampu

Suatu instalasi penerangan membutuhkan beberapa komponen seperti kabel, saklar, fitting lampu dll. Fitting atau pitingan lampu termasuk salah satu komponen utama instalasi penerangan sebab komponen inilah yang menahan lampu. Fitting adalah sebuah komponen listrik yang berfungsi sebagai tempat lampu terpasang. Komponen listrik ini menyalurkan aliran listrik dari sumber tegangan menuju lampu. Dengan adanya fitting maka lampu akan menggantung dan tidak akan goyang.

INI LAH JENIS JENIS FITTING LAMPU :

  1. Fitting tempel
    Fitting tempel atau biasa disebut dengan fitting plafon merupakan jenis fitting yang dipasang menempel pada plafon atau langit-langit ruangan. Agar Fitting dapat menempel dengan kuat pada plafon maka gunakan sekrup pada fitting. Untuk pemasangan sekrup pada fitting harus disertai dengan pemasangan roset. Roset merupakan bahan berbahan kayu yang digunakan sebagai landasan fitting agar sekrup pada fitting dapat terpasang dengan baik pada plafon.
  2. Fitting gantung
    Fitting gantung merupakan jenis fitting yang dipasang menggantung atau tidak menenmpel pada suatu media (seperti plafon). Agar beban dari fitting dan lampu dapat tertahan maka digunakan jenis kabel yang kuat, seperti kabel NYM.
  3. Fitting kedap air
    Fitting kedap air merupakan jenis fitting yang dipasang pada tempat yang lembab dan rawan basah, seperti pada kamar mandi ataupun outdoor. Fitting ini terbuat dari bahan porselin yang tidak menyerap air dan dilengkapi dengan cincin berbahan karet agar air tidak masuk ke dalam fitting.
    Dengan bahan dan perlengkapan tersebut membuat air dari luar tidak akan masuk. Sehingga meskipun hujan pada pemasangan outdoor, lampu akan tetap menyala selama ada aliran listrik.
  4. Fitting downlight
    Fitting Downlight merupakan jenis fitting yang arah pencahayaannya mengarah ke bawah lampu saja (tidak melebar). Lampu yang terpasang pada fitting ini tidak akan menonjol sehingga terlihat rata dengan fitting.
  5. Fitting lampu colokan
    Fitting lampu colokan merupakan jenis fitting yang dilengkapi dengan steker (colokan). Fitting ini dapat digunakan dimanapun sebab hanya memasang steker ke stop kontak dan On-kan saklar maka lampu akan menyala.
  6. Fitting kombinasi (T)
    Fitting Kombinasi (T) merupakan jenis fitting yang dilengkapi dengan stop kontak di sampingnya sehingga menyerupai huruf (T). Fungsi stop kontak di sampingnya digunakan untuk membuat cabang baru pada rangkaian listrik (paralel rangkaian listrik).
  7. Fitting otomatis
    Fitting ototmatis merupakan jenis fitting yang dilengkapi dengan sensor sehingga on atau off nya lampu berdasarkan kerja sensor yang terpasang. Ada fitting ototmatis dengan sensor cahaya yang bekerja berdasarkan cahaya disekitarnya.  Sehingga ketika cahaya gelap (malam) maka lampu akan menyala dan ketika cahaya terang (siang) maka lampu akan padam.

Kalian belum menemukan produk kabel yang sesuai kebutuhan mu? PT. Abba Global Indonesia sebagai authorized distributor Prysmian Cable siap menjadi solusi pertama untuk permasalahan kebutuhan kabel mu. Cek sosmed kita untuk selengkapnya :

Telp : 081212897158

Twitter : @ofc_abba

Instagram : @ofc.abba

By |2023-03-02T09:25:28+07:00Maret 2nd, 2023|News, Uncategorized|

Share This Post With Others!

Go to Top