kabel-prysmian-abba-logo

Kumparan Listrik

Halo sobat kabel semua! Jadi kali ini kkita akan membahas tentang kumparan pada listrik. Kali ini kita akan membahas jenis-jenis yang ada di kumparan listrik. Simak artikel dibawah ini ya sobat!

JENIS-JENIS PADA KUMPARAN LISTRIK

Berdasrkan jenisnya, kumparan dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. KUMPARAN PRIMER
    Jenis kumparan yang pertama adalah kumparan primer. Dimana kumparan primer merupakan lilitan kawat yang berfungsi sebagai jalur input. Pada lilitan tersebut, sumber tegangan akan masuk ke dalam rangkaian. Beberapa karakteristik serta ciri-ciri dari kumparan primer adalah :
    a. FUNGSI KUMPARAN
    Fungsi kumparan primer adalah sebagai media yang berguna untuk membangkitkan medan magnet. Jadi, terjadinya induksi magnetic pada sebuah rangkaian dihasilkan pada komponen yang satu ini.
    b. JUMLAH LILITAN
    Dibandingkan versi sekunder, lilitan yang dimiliki oleh kumparan primer jumlahnya jauh lebih sedikit. Jumlah gulungan yang terdapat pada alat tersebut, biasanya kurang lebih mencapai 400 lilitan saja.
    c. LUAS PENAMPANG
    Meskipun jumlah lilitannya lebih sedikit, namun kumparan primer biasanya memiliki luas penampang yang lebar. Bahkan ukuran lebar penampang kawatnya melebihi kumparan sekunder
  2. KUMPARAN SEKUNDER
    Selanjutnya ada juga jenis lilitan sekunder. Dimana pada rangkaian elektronika, kumparan sekunder biasanya merupakan bagian yang akan digunakan untuk menghasilkan tegangan output. Adapun ciri-ciri kumparan sekunder adalah sebagai berikut :
    a. FUNGSI KUMPARAN
    Fungsi kumparan sekunder adalah sebagai komponen elektronika yang berguna untuk mengubah induksi menjadi tegangan tinggi. Kumparan sekunder biasanya digunakan sebagai output. Dimana output inilah yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan listrik pada sebuah rangkaian elektronika.
    b. JUMLAH LILITAN
    Kumparan sekunder memiliki jumlah lilitan kawat yang lebih banyak. Karena jumlah gulungan kawat yang dimilikinya lebih banyak, maka komponen tersebut dapat menghasilkan arus listrik yang lebih besar.
    c. LUAS PENAMPANG
    Ciri khas yang lainnya dari lilitan sekunder adalah dilihat dari luas penampang kawat yang dimilikinya. Dibandingkan kumparan primer, versi yang satu ini bisa dikatakan memiliki luas penampang kawat yang terbilang lebih kecil.

kalian belum menemukan produk kabel yang sesuai kebutuhan mu? PT. Abba Global Indonesia sebagai authorized distributor Prysmian Cable siap menjadi solusi pertama untuk permasalahan kebutuhan kabel mu. Cek sosmed kita untuk selengkapnya :

Telp : 081212897158

Twitter : @ofc_abba

Instagram : @ofc.abba

By |2023-03-23T15:53:58+07:00Maret 23rd, 2023|News, Uncategorized|

Share This Post With Others!

Go to Top