kabel-prysmian-abba-logo

Langkah Menyambung Kabel Pompa Air ke Stop Kontak dan Saklar

Halo Sobat Kabel! Kalian tau gak cara menyambungkan kabel pompa air ke stop kontak? Kalau tidak tau, simak terus ya artikel ini!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyambungkan kabel listrik ke pompa, yaitu:

  • Pakailah kabel yang berkualitas bagus, dan pakai juga kabel yang kawat karena akan memudahkan kita dalam pemasangan nanti.
  • Pilihlah stop kontak dan saklar yang berkualitas karena jika memakai yang kurang baik maka stop kontak atau saklar akan meleleh dan bisa membahayakan kita.
  • Pakailah isolasi yang kuat dan rekat supaya sambungan-sambungan kabel itu terlindungi dengan aman dan tidak ada  yang keluar.

Kabel yang disediakan oleh pompa air mempunyai tiga (3) jalur. Apa aja ya? Pertama ada tiga jenis kabel yang biasa ada di dalam rangkaian listrik, Yaitu kabel fasa, kabel netral dan kabel arde atau kabel groud. Perbedaan dari tiga kabel itu ialah:

  1. Kabel Fasa atau dapat disebut juga dengan kabel positif berwarna merah, hitam, cklat, atau abu-abu dan merupakan kabel yang paling besar diantara ketiga kabel itu.
  2. Kabel netral atau dapat dibilang kabel negatif berwarna biru.
  3. Kabel Arde atau Ground yang berwarna kuning.

Ketika pemasangan kabel yang kita pakai yaitu kabel fasa dan netral. Untuk kabel Ground berfungsi untuk penetral arus ketika terjadi arus listrik yang pendek atau terjadi konslet. Sehingga untuk kabel Ground itu sendiri bisa kita tutup saja ujungnya dengan memakai solatip atau dapai kita tancapkan ke dalam tanah.

Ketiga kabel yang digunakan pompa air tetap kita sambungkan ke stop kontak lalu untuk aliran kabel ground kita bisa mengisolasi ujung kabel tersebu secara rapat atau ditancapkan ditanah. Dan untuk kabel netral adalah untuk sambungan aliran listrik dari sumber listrik.

Sedangkan untuk menyambungkan ke saklar kita cuma memakai kabel fasa. Dimana kita membutuhkan dua kabel fasa yang fungsinya sebagai kabel fasa yang mengalirkan listrik dari PLN ke saklar dan juga kabel Fasa yang melanjutkan aliran dari saklar menuju stop kontak.

Segitu saja cara menyambungkan kabel pompa air ke stop kontak dan saklar. Semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca artikel ini. Tidak hanya itu saja, Kalian belum menemukan produk kabel yang sesuai kebutuhan mu? PT. Abba Global Indonesia sebagai authorized distributor Prysmian Cable siap menjadi solusi pertama untuk permasalahan kebutuhan kabel mu. Cek sosmed kita untuk selengkapnya :

Telp : 081212897158

Twitter : @ofc_abba

Instagram : @ofc.abba

By |2023-02-08T16:14:40+07:00Februari 8th, 2023|News, Uncategorized|

Share This Post With Others!

Go to Top